Home » » Ribuan Pramuka Sekolah Islam Terpadu Bikin Robot

Ribuan Pramuka Sekolah Islam Terpadu Bikin Robot

Written By habarborneo | Sunday 8 November 2015

 
Salah satu regu Pramuka SIT tampak membuat robot
Ada yang beda di arena Perkemahan Nasional Sekolah Islam Terpadu yang berlangsung di Coban Rondo, Malang, 3-7 Nopember 2015. Para peserta usia SMP diajak bersama-sama membuat robot pramuka. Ya, disebut robot pramuka karena bisa berjalan dengan dua kaki, seperti pramuka sedang baris-berbaris.
Tentu saja kegiatan ini menarik perhatian peserta. Tidak kurang 2.900 peserta yang terbagi menjadi 290 regu antusias mengikuti sesi kreatif ini. Saking antusiasnya, panitia akhirnya membagi peserta menjadi 12 shift, selama 2 hari.
Menurut Kak Arief Andy Yudhanarko, pelatih pembuatan robot, peserta diajak membuat robot jenis bipolar, yakni robot yang memiliki dua kaki yang bisa berjalan. “Kami ajarkan dari sisi mekanik atau gerak dan elektroniknya secara lengkap, meski tentu saja dengan pola sederhana”, jelas pembina Komunitas Kampung Robot (Kokaro) ini.
Menurut Ahmad Hasan Bashori, ketua panitia perkemahan, kegiatan robotika ini diniatkan sebagai sarana untuk mengakrabkan anak-anak pada tehnologi. “Bukan teknologi biasa, tapi tehnologi yang bernilai edukasi, ” lanjutya.
asyiknya membuat robot di Kemah Nasional SIT
asyiknya membuat robot di Kemah Nasional SIT
“Kami juga ingin menanamkan kesan positif ke anak-anak, bahwa kegiatan pramuka tidak ketinggalan zaman. Tapi juga dikemas dengan kegiatan canggih dan kekinian”, lanjut alumni Universitas Brawijaya ini.
Shabrina Salsabila, salah satu peserta perkemahan dari SMPIT Al Ibrah, Gresik, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya, setelah robotnya jadi dan bisa berjalan. Begitu juga dengan teman-teman yang lainnya. Mereka berebut memainkan robot karya mereka di meja. “Ternyata bikin robot itu seru. Dari mobil-mobilan jadi robot yang bisa jalan-jalan, ” katanya sambil terus memainkan robot barunya.
Sementara Aisyah, siswa SMPIT Bitussalam, Bogor, berharap di sekolahnya nanti ada ekskul robotika. “Kalau di sekolahku ada, tentu aku ingin ikut lagi ekskul ini. Asyik sekali”, ujarnya.
Kegiatan Perkemahan Ukhuwwah Nasional 3 Pramuka Sekolah Islam Terpadu sendiri, diikuti oleh 8700 peserta dari seluruh Indonesia. Ada juga 318 peserta tamu dari Malaysia dan 6 dari Thailand. [JSIT/Bersamadakwah]
Share this article :

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Creating Website | jejakqhaq | Mewartakan Peristiwa Di Sekitar Kita
Copyright © 05-2014. JEJAK QHAQ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger